Kamis, 28 Maret 2013

Tugas 1

Definisi Filsafat
Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.  

Definisi Pengetahuan
Maksud dari pengetahuan (knowledge) adalah sesuatu yang hadir dan terwujud dalam jiwa dan pikiran seseorang dikarenakan adanya reaksi, persentuhan, dan hubungan dengan lingkungan dan alam sekitarnya.

Definisi Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Persamaan Filsafat, Pengetahuan, Ilmu dan Pengetahuan
Ketiganya mencari rumusan yang sebaik-baiknya menyelidiki objek selengkap-lengkapnya sampai keakarnya.
Ketiganya mempunyai metode dan sistem
Ketiganya hendak memberikan sintesis, yaitu suatu pandangan yang bergandengan
Ketigaya memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antara kejadia n-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukan sebab-sebabnya.

Perbedaan Filsafat, Pengetahuan, Ilmu dan Pengetahuan
Objek material filsafat itu bersifat universal, yaitu segala sesuatu yang ada. Sedangkan objek maerial ilmu itu bersifat empiris dan khusus.

Definisi Mitos
Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi  oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia  lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar  terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.
Contoh mitos :
1.Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
2. Cerita barong di Bali.
3. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
4. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
5. Cerita Joko Tarub
6. Cerita Dewi Nawangwulan 



Definisi Legenda
Legenda adalah cerita prosa rakyat yang mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi tetapi tidak dianggap suci dan oleh yang empu- nya cerita sebagai suatu yang benar-benar terjadi dan juga telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya.
Contoh Legenda :
legenda alam gaib misalnya, di Bogor Jawa Barat ada legenda tentang mandor Kebun Raya Bogor yang hilang lenyap begitu saja sewaktu bertugas di Kebun Raya
legenda terjadinya Danau Toba di Sumatra
legenda Sangkuriang (legenda Gunung Tangkuban Parahu) di Jawa Barat

Definisi Cerita Rakyat
Cerita Rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia
Contoh Cerita Rakyat
Bawang Merah dan Bawang Putih
Malin Kundang
Timun mas
Lutung Kasarung

Persamaan Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat
Dua-duanya sama-sama menceritakan kepercayaan masa lampau, baik dalam bentuk sastra ataupun lisan

Perbedaan Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat
Perbedaanya sangat jelas, yakni terletak pada subject cerita. Mitos mengenai Dewa, Legenda mengenai Rakyat, dan Cerita Rakyat mengenai kekayaan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar