Rabu, 12 November 2014

I. PEMBAHASAN
A.    Pengorganisasian adalah penentuan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan setiap orang, penetapan subsistem, serta penentuan hubungan-hubungan.
Organisasi adalah struktur dengan bagian-bagian yang diintegrasikan sehingga hubungannya terikat satu sama lain secara keseluruhan.
      Selain artian diatas, masih banyak pengertian organisasi yang disampaikan beberapa pakar, antara lain :
1. Drs. H Malayu S.P. Hasibuan mengartikan organisasi sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.
2. Stoner mengartikan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
B.     Unsur unsur Organisasi
·         Manusia
·         Tujuan
·         Pembagian pekerjaan
·         Struktur
·         Teknologi
·         Lingkungan atau kerja sama sosial
C.     Adapun ciri-ciri pada Organisasi :
·         1. Mempunyai Tujuan dan Sasaran untuk dicapai dalam Organisasi.
·         2. Mempunyai aturan yang harus ditaati oleh anggota dari Organisasi tersebut.
·         3. Mempunyai pembagian kerja atau bisa disebut juga kerjasama.
·         4. Ada yang mengkoordinasi tugas dan wewenang.
D.    Ada beberapa tingkatan pengelompokan yang mendefinisikan prioritas sebuah tujuan organisasi
·         1. Tujuan atau Misi umum : Pernyataan luas, atau tujuan dalam skala umum yang mendefinisikan bagaimana tercipta sebuah organisasi tersebut, biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun dan sering menjadi pernyataan pertama dalam konstitusi sebuah organisasi.
·         2. Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang sebuah organisasi itu ingin di capai. Merupakan bagian dari tujuan dan misi dari sebuah organisasi, tujuan seperti ini bisa seperti ini bisa berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kesepakatan dari kelompok tersebut.
·         3. Tujuan merupakan deskripsi dari apa yang harus dilakukan berasal dari tujuan, spesifik yang jelas. laporan tugas terukur untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari sebuah kelompok, biasanya memiliki jangka pendek dan batas waktu tertentu.
E.     Manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dijabarkan lebih lanjut, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain :
·         1. Melatih Leadership
·         2. Memperluas pergaulan
·         3. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
·         4. Membentuk karakteristik seseorang
·         5. Kuat dalam menghadapi tekanan
·         6. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
·         7. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya.

II. KESIMPULAN
      Organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Sumber      :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar