I.
PEMBAHASAN
A.
Pengorganisasian adalah penentuan pekerjaan-pekerjaan yang harus
dilakukan, pengelompokan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan setiap
orang, penetapan subsistem, serta penentuan hubungan-hubungan.
Organisasi adalah struktur dengan bagian-bagian yang
diintegrasikan sehingga hubungannya terikat satu sama lain secara keseluruhan.
Selain artian
diatas, masih banyak pengertian organisasi yang disampaikan beberapa pakar,
antara lain :
1. Drs. H Malayu S.P. Hasibuan mengartikan organisasi sebagai proses
penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang
diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.
2. Stoner mengartikan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
B.
Unsur unsur
Organisasi
·
Manusia
·
Tujuan
·
Pembagian
pekerjaan
·
Struktur
·
Teknologi
·
Lingkungan
atau kerja sama sosial
C.
Adapun
ciri-ciri pada Organisasi :
·
1.
Mempunyai Tujuan dan Sasaran untuk dicapai dalam Organisasi.
·
2.
Mempunyai aturan yang harus ditaati oleh anggota dari Organisasi tersebut.
·
3.
Mempunyai pembagian kerja atau bisa disebut juga kerjasama.
·
4.
Ada yang mengkoordinasi tugas dan wewenang.
D.
Ada
beberapa tingkatan pengelompokan yang mendefinisikan prioritas sebuah tujuan
organisasi
·
1.
Tujuan atau Misi umum : Pernyataan luas, atau tujuan dalam skala umum yang
mendefinisikan bagaimana tercipta sebuah organisasi tersebut, biasanya tidak
berubah dari tahun ke tahun dan sering menjadi pernyataan pertama dalam
konstitusi sebuah organisasi.
·
2.
Tujuan adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang sebuah organisasi itu ingin
di capai. Merupakan bagian dari tujuan dan misi dari sebuah organisasi, tujuan
seperti ini bisa seperti ini bisa berubah dari tahun ke tahun tergantung pada
kesepakatan dari kelompok tersebut.
·
3.
Tujuan merupakan deskripsi dari apa yang harus dilakukan berasal dari tujuan,
spesifik yang jelas. laporan tugas terukur untuk mencapai tujuan yang
diharapkan dari sebuah kelompok, biasanya memiliki jangka pendek dan batas
waktu tertentu.
E.
Manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dijabarkan
lebih lanjut, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain :
·
1.
Melatih Leadership
·
2.
Memperluas pergaulan
·
3.
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
·
4.
Membentuk karakteristik seseorang
·
5.
Kuat dalam menghadapi tekanan
·
6.
Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
·
7.
Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya.
II.
KESIMPULAN
Organisasi pada
dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama
secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya
(dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain
sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
bersama.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar